15 Okt 2009

Garis Bresenham

Garis adalah kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki pangkal dan ujung. Suatu titik pada layar terletak pada posisi (x,y), untuk menggambarkannya plot suatu pixel dengan posisi yang berkesesuaian.

Penampilan garis pada layar komputer dibedakan berdasarkan Resolusi-nya.–Resolusi adalah keadaan pixel yang terdapat pada suatu area tertentu Contoh : Resolusi 640x480, berarti pada layar kompuer terdapat 640 pixel per-kolom dan 480 pixel per-baris.–Resolusi dapat pula dibedakan menjadi kasar, medium dan halus. Untuk menampilkan atau menggambarkan garis pada layar dibutuhkan minimal 2 titik (endpoint), yaitu titik awal dan akhir.

Garis Bebas (Simple Digital Differential Analyzer/DDA) Garis yang membentang antara 2 titik, P1 dan P2, selalu membentuk sudut yangbesarnya sangat bervariasi.–Sudut yang terbentuk menentukan kemiringan suatu garis atau disebut gradient/ slop atau disimbolkan dengan parameter m.Jika titik-titik yang membetuk garis adalah :(x1,y1)dan (x2,y2)maka∆Ym=∆YY2-Y1m=X2-X1P1(x1,y1)P2(x2,y2)∆Y∆X

Menggambar GARIS

Algoritma Bresenham
Algoritma Bresenhma memilih titik terdekat dari actual path Setiap sampling akan diinkrement menjadi 1 atau 0 Kondisi awal :Jika m <> Bresenham melakukan inkremen 1 untuk x dan 0 atau 1 untuk y. Dimanakah pixel berikutnya akan di-plot, apakah di (xk+1, yk+1)= (xk+1, yk), atau (xk+1, yk+1)

Algoritma Bresenham untuk |m| <>ter keputusan p0= 2∆y –∆x
4.Pada setiap xkdi garis, dimulai dari k=0, ujilah :jikapk< 1="">
pk+">maka plot (xk+1, yk+1)dan pk+1= pk+ 2∆y -2∆x
5.Ulangi tahap 4 ∆xkali






0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More