8 Nov 2010

Tugas 2 Sistem Informasi Akuntansi

  1. Dibioskop ada seseorang pegawai yang biasanya bertanggung jawab untuk memberikan karcis & menerima uang, sementara pegawai lainnya mengumpulkan karcis saat penonton memasuki bioskop. Apa alasan kegiatan ini? jawab :
pada kasus diatas berhubunganya dengan salah satu
kegiatan dalam berbisnis berawal dari penonton membeli karcis,pegawai bioskop meberikan karcis & mencatat transaksi sampai mengumplkan karcis ketika penonton hendak memasuki bioskop
semua kgiatan yang dilakukan bertujuan untuk Mengumpulkan dan memproses data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif sehingga kita dapat memantau perkembangan pendapatan dan laba rugi suatu perusahaan atau organisasi dari tahun ke tahun untuk memeriksa ketelitian dan kebenaran data akuntansi dan untuk mempersulit seorang pegawai dapat mencuri uang tunai atau aset lainnya.

disini kita akan bahas terlebih dahulu tentang proses bisnis

Sistem informasi akuntansi (SIA) melaksanakan 3 fungsi dasar, yaitu :
1. Mengumpulkan dan memproses data mengenai kegiatan bisnis organisasi secara efisien dan efektif
2. Menyediakan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan
3. Membentuk pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa data kegiatan bisnis dicatat dan diproses secara akurat dan untuk melindungi data dan aset organisasi lainnya

Dalam membentuk pengendalian yang memadai dalam proses mencatat kegiatan berbisnis diperlukannya pengendalian internal sistem informasi yaitu Siklus Akuntansi
contoh kegitatan bisnis tersebut :
Kegiatan Bisnis

Siklus Pendapatan
  • Menerima pesanan karcis bioskop
  • Memberikan karcis kepada penonton
  • Menerima uang tunai
  • Menyimpan tanda terima karcis/tunai
Siklus Pengeluaran
  • Memberikan karcis kepada penonton
  • Pesanan atas karcis online/booking
  • Penerimaan atas karcis
  • Pembayaran atas karcis
Siklus Sumber Daya Manusia
  • Kumpulkan data iuran pegawai bioskop
  • Catat jam kerja pegawai boskop
  • Catat karcis yang telah dihabiskan

2. Nilai suatu informasi sama dengan selisih antara keuntungan kepts yang didapat dari pemakaian informasi dengan biaya untuk menghasilkannya. Apakah Anda atau organisasi manapun akan memproduksi sesuatu informasi jika perkiraan biayanya melebihi manfaatnya? berikan beberapa contoh! jawab :
Dalam menentukan keputusan, setelah kita teliti dan kita tidak lanjuti dari data laporan yang ada, informasi tersebut apakah sudah akurat dan bisa dibuktikan kebenarannya jika sudah akurat dan dapat dibuktikan maka informasi tersebut layak dproduksi tetapi jika perkiraan informasi itu melebihi mamfaatnya maka saya tidak akan memproduksi informasi tersebut.
karena nilai informasi ditentukan dari dua hal yaitu manfaat dan biaya
Suatu informasi dikatakan bernilai apabila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya
Sebagian besar informasi dinikmati oleh lebih dari satu pihak sehingga sulit untuk menghubungkan suatu informasi dengan biaya untuk memperolehnya dan sebagian besar informasi tidak dapat ditaksirkan keuntungannya dengan satuan uang tetapi dapat ditaksir nilai efektivitasnya.
contoh :
jika suatu informasi dapat menghasilkan hal yang mengurangi ketidakpastian bagi pengambilan keputusan, maka nilai informasinya tinggi. Sebaliknya, jika suatu informasi kurang memberikan relevansi bagi pengambilan keputusan, informasi tersebut dikatakan kurang bernilai atau informasinya rendah (Abdul Kadir, 2003: 31).




1 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More